Cara Membuat Situs Blogspot Untuk Mendapatkan Uang

Jenis pekerjaan serta tersedianya kesempatan kerja di masa depan tidak pernah bisa dipastikan oleh siapapun. Hal ini dipengaruhi kehidupan sosial, ekonomi dan politik yang berubah setiap saat di wilayah masing-masing. 

Begitu juga dengan situasi global yang dapat mempengaruhi pasar kerja secara signifikan. Ditambah lagi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat yang juga mempengaruhi baik langsung atau tidak langsung.

Seperti yang kita lihat setiap saat berkaitan dengan fenomena yang ada di dunia maya. Dalam era digital ini tesingkaplah jenis-jenis pekerjaan baru yang sebelumnya mungkin tidak dikenal. Dan ini terkait dengan konten digital; video, podcast, desain grafis, fotografi, dan penulisan artikel.

Poin terakhir yang disebut inilah yang memunculkan jenis pekerjaan di bidang penulisan artikel. Baik sebagai blogger yang memiliki website tersendiri atau pun penulisan konten yang dijual ke website lain. 

Pertanyaanya:"Apakah mungkin pemilik situs blogspot yang gratisan bisa menghasilkan uang?" Jawabannya tentu saja bisa. Dan inilah yang harus kita lakukan agar pekerjaan menulis artikel ini bisa menghasilkan uang.

 

Cara Membuat Situs Blog Gratisan Hingga Menghasilkan Uang dari Internet

Menghasilkan uang dari internet merupakan impian bagi sebagian orang. Apalagi situs blog yang digunakan ternyata masih gratisan. Dan ini bukan sesuatu yang mustahil untuk diraih sebagai penghasilan utama maupun sampingan.

Bahkan sejak pandemi Covid19 yang belum lama melanda di antero negeri. Pilihan kerja yang terbentuk mengerucut pada 3 pilihan, yaitu: Work From Home (WFH), Work From Office (WFO) dan Work From Anywhere (WFA).

Di saat itulah saya pribadi mempunyai keinginan menjadi seorang Full Time Blogger. Salah satu alasannya karena menjembatani cita-cita di atas agar terwujud. Entah bekerja dari rumah (WFO) atau bekerja dari mana saja (WFA).

Cara Membuat Situs Blogspot Untuk Mendapatkan Uang


Tutorial Membuat Situs Blogspot Sampai Tahap Monetisasi

Sebagai wujud pembuktian akan keinginan tersebut akhirnya saya membuat banyak blog di Blogger. Namun yang baru berhasil bergabung dengan Google Adsense baru blog custom domain yang saya beli dari IDCloudhost.

Tidak patah semangat saya juga mencoba mengaitkan blog tersebut dengan penyedia layanan lainnya yang serupa dengan Google Adsense. Dimana saya coba memilih Ezoic karena bisa bersanding dengan Google Adsense.

Dari sebagian pengalaman itulah saya ingin berbagi melalui artikel ini. Agar lebih mudah pembahasannya dibuatlah menjadi beberapa bagian. Dan berikut adalah tutorial membuat situs Blogspot dan mengoptimalkannya sampai tahap monetisasi.


A. Membuat Situs Gratis di Blogger

Blogger merupakan salah satu jenis pekerjaan yang tidak sepenuhnya salah jika disejajarkan menjadi nominasi pilihan rata-rata anak sekolah dalam menggapai cita-citanya. Terutama bagi mereka yang masih duduk di bangku SMP, SMA/SMK.

Sangat mungkin kan jika seseorang mulai menjadi Blogger ketika pertama masuk sekolah. Maka ketika orang tersebut lulus dari sekolahnya sudah menghasilkan uang dari blognya yang didapat tidak hanya dengan Google Adsense?

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita mulai dari tahap awal terlebih dahulu. Karena saya yakin pekerjaan sebagai seorang Blogger yang full-time ini meningkat seiring dengan permintaan konten yang lebih kreatif dan unik. 

Dan untuk membuat sebuah blog di platform Blogger yang merupakan tahap awal untuk mendapatkan uang ini adalah dengan cara membuat situs blogspot. Lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut agar bisa membuat situs gratis di Blogger.

1. Buka situs Blogger

Buka halaman Blogger di https://www.blogger.com dan login menggunakan akun email dari Google yang ingin digunakan untuk membuat blog.

2. Buat Blog Baru

Setelah berhasil login dengan akun email dari Google silahkan klik tombol "Buat Blog Baru" untuk memulai proses pembuatan blog.

3. Tentukan Judul dan Alamat Blog

Pada kotak dialog "Buat Blog Baru", berikan judul pada blog Anda di bagian "Pilih nama untuk Blog Anda". Judul ini akan menjadi nama blog yang ditampilkan di bagian atas blog. Jika masih bingung silahkan ketik sembarang karena poin ini bisa dirubah melalui setelan di Blogger. Jika sudah mengisi judul blog silahkan klik "Berikutnya" hingga tampil menu "Alamat Blog" yang harus diisi. Silahkan ketik URL yang unik untuk blog Anda. Pastikan URL tersebut tersedia dan tidak digunakan oleh blog lain. Contoh URL yang digunakan pada blog ini misalnya "sebardi" yang kemudian secara otomatis menjadi sebardi.blogspot.com.

4. Pilih Template yang Menarik

Pilih template yang ingin digunakan untuk blog. Blogger menyediakan banyak template gratis yang dapat dipilih. Jika tidak menemukan yang cocok bisa juga menggunakan template dari pihak ketiga; baik berbayar maupun gratisan. Atau bisa juga dengan menggunakan template blogger yang dibuat sendiri. Dan Anda juga mengubah template nanti jika kamu mau.

5. Mulai Posting Konten

Setelah memilih template, Anda akan dibawa ke halaman Dashboard Blogger. Di sini, Anda dapat mulai membuat dan mengelola postingan blog. Berikan judul dan isi konten sesuai keinginan. Klik tombol "Buat Postingan" untuk membuat postingan pertama Anda. Buat juga halaman statis yang berisi "about", "privacy policy", "disclaimer" dan "terms and conditions" sebagai salah satu syarat agar blog bisa diterima ketika bergabung dengan Google Adsense.

6. Publikasikan Blog

Setelah selesai membuat postingan, Anda dapat mempublikasikan blog dengan mengklik tombol "Terbitkan" atau "Publikasikan" di bagian atas halaman pembuatan postingan. Blog Anda sekarang sudah bisa diakses oleh orang lain melalui URL yang telah dibagikan. Pastikan setelan Blogger pada bagian privasi sudah ceklis pada tulisan dapat diakses mesin telusur.

7. Sesuaikan Pengaturan

Blogger juga menyediakan berbagai pengaturan tambahan yang dapat disesuaikan, seperti tata letak, pengaturan komentar, pengaturan iklan, dan lain-lain. Anda dapat mengakses pengaturan ini melalui menu "Pengaturan" dashboard Blogger. Termasuk setting ads.txt jika nanti mendaftar menjadi publisher.

 

B. Memaksimalkan Penggunaan Situs Blogspot

Setelah berhasil membuat sebuah situs dengan subdomain .blogspot. Langkah selanjutnya tidak kalah penting juga dengan langkah pertama. Meskipun telah membuat langkah awal yang baik dalam tahap pertama. Namun, hanya memiliki situs Blogspot saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan.

Karena Anda perlu memaksimalkan penggunaan situs ini dengan strategi yang tepat. Dan dalam artikel ini, diulas beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan situs Blogspot Anda. 

Dari pemilihan tema yang menarik hingga optimisasi SEO, Anda akan menemukan langkah-langkah praktis yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan popularitas blog Anda. Mari kita mulai dan lihat bagaimana Anda dapat mengambil keuntungan maksimal dari situs Blogspot Anda!

1. Tentukan Topik atau Niche yang Menarik

Pilih topik atau niche yang Anda minati dan memiliki potensi untuk menarik pembaca atau pengunjung. Pastikan topik tersebut memiliki audiens yang cukup besar dan minat yang tinggi. Misalnya, fashion, makanan, kesehatan, teknologi, atau wisata. 

Niche ini jika memungkinkan lebih detail lagi tepatnya menggunakan "micro niche" seiring perkembangan dunia menulis yang semakin kompleks. 

Sebagai contoh misalnya mengambil niche "teknologi"? Apa yang ingin kita sasar? Karena tema teknologi terlalu besar untuk diulas jika menulis sendirian. Oleh karena itu sebaiknya dipersempit lagi.

Begitu juga dengan tema "komputer" yang terasa masih lebih luas. Misalnya diperkecil ruang lingkupnya dengan tema: "Windows" saja, "server" saja atau "troubleshoot" kerusakan komputer saja. Dan bisa juga mengkhususkan tentang desain web doang.

2. Buat Konten Berkualitas

Buat konten berkualitas dan informatif yang relevan dengan topik atau niche yang Anda pilih. Usahakan untuk menghadirkan konten yang unik, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Pastikan artikel Anda informatif, terstruktur dengan baik, dan mudah dipahami.

3. Optimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Pelajari dasar-dasar optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan visibilitas blog Anda di mesin pencari seperti Google. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, konten, dan deskripsi blog kamu. Perhatikan juga penggunaan tag, pengaturan permalink, dan tautan internal yang relevan. Jangan lupa gunakan tool untuk membantu meningkatkan SEO seperti: Google Search Console, PageInsight, Google Keyword Planner dan lain-lain.

4. Promosikan Konten Blog Anda

Promosikan blog Anda melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Buat halaman bisnis atau akun terkait dengan blog Anda dan bagikan konten blog secara konsisten. Juga, bergabunglah dengan komunitas online yang terkait dengan topik atau niche blog Anda untuk memperluas jangkauan.

5. Perbarui Konten Secara Berkala

Jadwalkan waktu untuk memperbarui dan mengoptimalkan konten lama. Tambahkan informasi baru dan perbaiki tautan yang rusak. Gunakan layanan pihak ketiga untuk memeriksa link yang sudah kadaluarsa agar lebih cepat.

6. Tautkan dengan Situs Lain

Tautkan blog Anda dengan situs lain yang relevan, baik melalui tautan balik maupun kerjasama konten. Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan otoritas blog Anda di mata mesin pencari. Misalnya, ketika menjelaskan tentang blogger maka berikan link aktif yang mengarah ke sana.

Tidak lupa, tautkan juga dengan situs lain yang kita miliki selama masih relevan dengan topik pembahasan. Channel Youtube, SnackVideo, Helo, Telegram atau TikTok juga bisa disertakan untuk menjaring pengunjung agar lebih banyak lagi.

7. Buat Daftar Email: 

Berikan opsi kepada pengunjung blog Anda untuk mendaftar melalui email. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan daftar email yang dapat digunakan untuk mengirimkan konten baru atau mengirimkan newsletter. Jika memungkinkan buat juga grup diskusi melalui WhatsApp dan Telegram. Nanti ketika ada pertanyaan yang belum bisa terjawab bisa dijadikan bahan tulisan. Sedangkan pertanyaan yang sudah memiliki jawaban melalui artikel di blog tinggal salin dan bagikan.

 

C. Mulai Monetisasi Blog

Blogger memiliki banyak jalan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Meskipun masih dengan subdomain gratisan dari .blogspot.com, Google tidak menutup pintu bagi siapapun yang ingin mencobanya.

Terlebih bagi youtuber yang juga mencari keuntungan dari Google. Karena situs blog Anda bisa juga dikaitkan dengan channel youtube. Sehingga, dua jalur pundi-pundi keuangan kini sudah berada di tangan Anda. 

Apalagi jika blog Anda sudah custom domain, ini membuka peluang sebagai publisher lain bersamaan dengan Google Adsense.

Langkah selanjutnya tinggal maksimalkan saja dengan menambahkan sumber penghasilan lainnya yang masih tersedia tanpa perlu menyediakan uang sogok, jalur teman atau kekuatan orang dalem.

Selengkapnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

1. Menjadi Publisher dengan Menampilkan Iklan di Situs

Bergabunglah dengan program periklanan seperti Google AdSense atau media periklanan lainnya untuk menampilkan iklan di blog. Anda akan mendapatkan penghasilan ketika pengunjung mengklik iklan tersebut jika menggunakan layanan Google Adsense. Caranya tinggal kunjungi website Google Adsense dan ikuti saja arahan selanjutnya.

2. Sponsorship

Ketika blog Anda sudah memiliki pengikut yang cukup banyak bisa menawarkan kesempatan sponsorship kepada merek atau perusahaan yang relevan dengan niche blog. Mereka dapat membayar untuk menulis postingan yang mempromosikan produk atau layanan mereka.

3. Afiliasi

Daftar ke program afiliasi seperti Tokopedia, Shopee, IDCloudhost atau program afiliasi lainnya yang relevan dengan niche blog. Anda bisa mendapatkan komisi jika pengunjung blog membeli produk  mereka melalui tautan afiliasi yang tertulis di blog.

4. Menjual Produk

Jika kamu memiliki keahlian khusus atau pengetahuan yang berharga, pertimbangkan untuk membuat dan menjual produk informasi seperti ebook, kursus online, atau webinar.


Penutup

Demikian pembahasan lengkap seputar cara membuat situs blogspot untuk mendapatkan uang dari internet. Namun perlu diingat bahwa pekerjaan ini tidaklah instan. Berbeda dengan pedagang yang langsung mendapatkan keuntungan setelah berhasil menjual barang saat itu juga.

Sedangkan blog membutuhkan waktu, usaha, dan konsistensi agar bisa menghasilkan uang. Apalagi mesin pencari menuntut konten yang berkualitas disertai konsistensi sebagai kunci kesuksesan.

Terlepas dari hal itu semua yakinkan hati untuk untuk terus belajar. Mudah-mudahan tujuan dalam memonitisasi situs Blogspot Anda tercapai.

Salam perdjoengan dan tetap semangat 45.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar