Mau Menambah Penghasilan Online? Ezoic Bisa Anda Coba Nih!

Ada banyak ilmu yang didapat setelah bergabung menjadi publisher Ezoic meskipun sebentar. Ada pengetahuan seputar teknologi yang direkomendasikan untuk desain web. Ada juga tentang macam-macam ukuran iklan yang ditempatkan di website melalui placeholder.

Oleh karena itu, penting juga untuk diceritakan kembali awal mula bergabung dengan Ezoic. Barangkali ada teman-teman di sana yang ingin menambah penghasilan online dengan Ezoic. Hanya saja, saran saya gunakanlah WordPress self-hosted dan jangan menggunakan platform Blogger.

Mengapa demikian? Karena itulah inti masalah sehingga saya keluar dari sana. Penyebabnya karena saya tidak bisa seting API Ezoic dengan Blogger. Lebih jelasnya, pembicaraan itu saya tuangkan dalam artikel khusus tentang pengalaman saya pribadi keluar (mungkin untuk sementara) dari publisher Ezoic.

Adapun pembicaraan kali ini mari kita flashback perjalanan sebelumnya yang merupakan pintu gerbang untuk mencari uang online dari Ezoic sebelumnya. 


Apa itu Ezoic?

Ezoic adalah perusahaan teknologi yang didirikan Dwayne Lafleur yang berasal dari Kanada, Amerika Serikat. Sebelumnya, Dwayne mendirikan Cubics, jaringan iklan bergambar pertama untuk pengembang aplikasi Facebook. 

Jaringan iklan itu unik karena menggunakan data demografis anonim untuk menargetkan iklan ke pengguna aplikasi Facebook dan diluncurkan sebelum sistem penargetan iklan Facebook sendiri.

Ezoic yang didirikan pada tahun 2010 ini merupakan solusi pertama yang menggabungkan AI dan pembelajaran mesin ke dalam fitur dan produknya. Kehadiran Ezoic menjadi harapan sebagai solusi teknologi untuk publisher yang ingin mendapatkan lebih banyak pendapatan melalui situs web mereka.

Perusahaan yang didukung oleh Balderton Capital; investor terbesar di Uni Eropa ini juga menjadi mitra penerbit bersertifikasi Google. Serta mitra tersertifikasi Cloudflare, JW Player, dan pertukaran situs web Flippa. Adapun kantornya tercatat ada di kota Inggris, Jerman dan Amerika.

Sebagai tambahan informasi, jajaran eksekutif perusahaan Ezoic diisi oleh John Cole, sebelumnya seorang perwira angkatan laut kerajaan. Mike McGuire, yang juga perwira angkatan laut kerajaan Inggris dengan pangkat komandan. Serta O’Bryan dan Tyler Bishop yang berasal dari Amerika Serikat.


Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Publisher Ezoic? Begini Caranya

Untuk bergabung menjadi publisher Ezoic saat ini dimudahkan dengan adanya program Access Now. Sehingga bagi siapapun yang ingin mencobanya sah-sah saja. Termasuk blog ini yang pernah mencobanya dan kemudian berhasil diterima.

Namun, proses penempatan iklan dan lain sebagainya tidak sama dengan Google Adsense. Seperti kita ketahui bersama, ketika kita berhasil diterima di Google Adsense. Maka langkah selanjutnya sangat mudah karena tinggal menempatkan kode iklan saja. Setelah itu kita kembali menulis artikel karena mesin uang sudah bekerja.

Sedangkan Ezoic tidak demikian halnya seperti Adsense. Dan di bawah ini akan dijelaskan prosesnya yang terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, cara daftar akun agar mendapatkan undangan dari Ezoic. Kedua, setting integrasi website dengan mesin Ezoic. Dan ketiga, pengaturan Ad Manager agar terhubung dengan Ezoic.


Cara Daftar Akun, Integrasi Website dan Pengaturan Ad Manager (MCM) di Ezoic

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tahapan yang harus dilakukan agar bisa bergabung dengan Ezoic. Dengan cara ini Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dari website. Jangan khawatir jika sebelumnya menggunakan Google Adsense sebagai partner. Karena kehadiran Ezoic bisa disandingkan bersama dengan iklan dari Google Adsense.

Cara Daftar Akun di Ezoic

Langkah pertama yang akan dijelaskan di bawah ini tentang cara daftar akun. Sebelumnya, saya sarankan agar website sudah terintegrasi dengan Cloudflare. Meskipun bisa saja dihubungkan ketika pengaturan Ezoic berlangsung. Setelah itu silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendaftar.

1. Kunjungi Ezoic.

2. Klik "Get Started".

2. Klik "Get Started" di bawah tulisan "Over 10k pageviews / month" atau "Join Access Now" di bawah tulisan "Under 10k pageviews / month". Pengalaman saya pribadi yang pernah bergabung menjadi publisher Ezoic tapi setelah itu keluar, meskipun blog kita memiliki 10k pageviews per bulan tetap dikelompokan di level "Access Now" sebelum masuk "Level 1".

3. Masukan email kemudian klik "Continue".

4. Buka email masuk dari Ezoic kemudian klik "Log in".

5. Masukan alamat website kita dan ceklis tulisan "I agree to the terms of service" lalu klik "Continue".

6. Ceklis apa yang menarik dari Ezoic; Ad Revenue, Site Speed, Analytics kemudian pilih "Continue".

7. Klik "Get Started".

8. Klikk "Get Started" di bawah tulisan "Automate It" atau "Setup My Self". Saya sendiri menggunakan "Automate It" agar lebih mudah. Apalagi seting ads.txt di Blogger jika manual agak sulit tuh.

9. Masukan nama serta password kemudian klik "Save". 

10. Pendaftaran akun di Ezoic sudah selesai.


Cara Menghubungkan Website ke Ezoic

Setelah berhasil mendaftar masih ada tahap lainnya yang harus dikerjakan. Yang paling pertama adalah menghubungkan website kita ke server Ezoic. Namun pada contoh kasus saya sudah terintegrasi dengan Cloudflare sebelumnya. Sehingga tutorial di bawah ini akan sama persis jika Anda melakukan integrasi dengan Cloudflare terlebih dahulu. Jika sudah, berikut ini langkah-langkah untuk menghubungkan situs.

1. Klik "Get Started" di bawah tulisan "Connect Your Site" (lihat gambar terakhir saat daftar akun di atas) .

2. Pada bagian ini ada perintah untuk mengubah "name server" milik Ezoic. Silahkan login ke penyedia layanan ketika Anda membeli nama domain. Setelah itu timpa "name server" default menggunakan "name server" dari Ezoic.

3. Bagi Anda yang sudah menggunakan Cloudflare ini tidak menjadi masalah. Karena Ezoic merupakan mitra tersertifikasi Cloudflare sehingga otomatis terdeteksi menggunakan name server milik Cloudflare.

4. Silahkan skroll ke bawah kemudian klik "Integration Complete".

5. Masukan email dan password yang digunakan untuk login ke Cloudflare kemudian klik "Save".

6. Oh ya, jika sebelumnya berhasil setup name server di Cloudflare seperti blog ini. Tanda berhasilnya pengaturan tersebut akan mendapat email dari Cloudflare yang isinya ada kata-kata seperti ini:"Your Cloudflare account has been linked with Ezoic Inc."

7. Setelah itu proses menghubungkan website akan berlangsung.

8. Anda akan diarahkan ke halaman setup kembali untuk untuk langkah selanjutnya.

9. Anda juga mendapatkan email masuk dari Tim Ezoic.


Cara Menerapkan Ad Manager (MCM) dengan Ezoic

Langkah selanjutnya agar kita berhasil mendapatkan tambahan penghasilan dari Ezoic adalah melakukan pengaturan Ad Manager. Berikut ini cara menerapkan Ad Manager dengan Ezoic.

1. Klik "Get Started" di bawah tulisan  "Apply for Ad Manager (MCM)". Lihat nomor 8 pada pengaturan sebelumnya. 

2. Pilih jawaban "Yes" atau "No" pada pertanyaan: "Do you have an active AdSense account?"

3. Jika tidak memiliki akun adsense silahkan pilih "No" dan isikan email yang ingin digunakan dengan Google MCM (Multiple Customer Management) kemudian ikuti instruksi selanjutnya. Adapun pada contoh di bawah ini pilih "Yes" karena memiliki akun Adsense meskipun emailnya tidak sama. Dalam hal ini saya menggunakan email yang berbeda dengan email yang digunakan untuk login ke Blogger maupun Ezoic.

4. Kemudian buka email masuk dari Google dan klik "View Request".

5. Verifikasi akun dengan mengeklik "Selanjutnya".

6. Masukan kata sandi email yang terhubung dengan email ini.

7. Halaman dari Google Ad Manager menampilkan data diri akun publisher yang bersangkutan. Silahkan scroll ke bawah kemudian klik "Lanjutkan".

8. Halaman selanjutnya menampilkan info yang mengatakan bahwa:"Ezoic Europe ingin membantu Anda mengelola inventaris. Setelah Anda menerima Ezoic Europe sebagai publisher induk, mereka dapat mengakses akun AdManager Anda dan membuat perubahan pada setelan". Scroll ke bawah dan ceklis tulisan "Saya telah membaca dan menyetujui perjanjian"

9. Klik tombol "Siapkan akun".

10. Isi data-data pada kolom yang diperlukan seperti nama, zona waktu dan mata uang kemudian klik "Simpan".

11. Silahkan tunggu selama akun akan ditinjau oleh Google. Permohonan ini membutuhkan waktu kurang dari 24 jam namun bisa lebih lama. Dan setelah diesetujui akun Anda secara otomatis akan ditautkan ke jaringan Ezoic Europe.

12. Buka email masuk dari Ezoic dan klik "Accept Invitation".

13. Seting Ad Manager dengan Ezoic sudah selesai.


Kesimpulan

Di atas kita telah melakukan pendaftaran, integrasi website hingga pengaturan Google Ad Manager. Namun langkah-langkah di atas belum final karena masih ada pengaturan lainnya yang harus dilakukan. Pada tahap ini kita menunggu setup ads.txt yang pada langkah sebelumnya kita pilih otomatis.

Sementara menunggu "Ads.txt setup" bisa ikuti kursus online yang disediakan oleh Ezoic. Dan bisa juga mengikuti diskusi antara tim dengan publisher yang baru bergabung di komunitas yang disediakan. Tidak lupa lakukan juga pengaturan untuk metode pembayaran yang bisa dilakukan sekarang.

Setelah setup ads.txt oleh mesin Ezoic secara otomatis selesai nanti ada setting lainnya yang juga harus dilakukan. Seperti pengaturan "Ads Tester", "Placeholder", "Mediation" dan lain-lain. Dan untuk seting placeholder bisa dibantu dengan addon dari Ezoic. Jadi silahkan install terlebih dahulu addons tersebut.

Selamat bergabung dengan komunitas Ezoic.
Baca Juga

1 komentar: