Cara Menambahkan Tombol Buy Me A Coffee, Saweria + Trakteer dengan Bootstrap

Dukungan finansial bagi seorang blogger sangat menentukan perjalanan sebuah website. Terlebih bagi seorang pemula yang baru beranjak berapa tahun menjadi seorang blogger. Meskipun misal ketika mulai merintis blog pribadinya secara tiba-tiba bisa langsung berhasil bergabung menjadi publisher Adsense.

Karena memang faktanya menuntut demikian sebagaimana saya alami sendiri. Maka tidak heran jika seorang blogger rata-rata mereka tidak mencukupkan diri dengan hanya mengandalkan penghasilan dari satu sisi sebagai seorang publisher di Google Adsense saja.

Cara Menambahkan Tombol Buy Me A Coffee, Saweria + Trakteer dengan Bootstrap

Untungnya, media tulis menulis untuk ikut berkontribusi mencerdaskan kehidupan ini menyediakan metode menjaring dukungan finansial dengan cara yang beragam. Entah dengan mendaftarkan menjadi publisher lagi namun dengan platform berbeda yang bisa berdampingan dengan Adsense.

Atau cara yang akan kita contohkan di bawah ini melalui layanan Buy Me A Coffee, Saweria dan Trakteer. Ini saya lakukan setelah kemarin berhasil memasang banner afiliasi namun dengan menggunakan komponen dari Bootstrap. 


Cara Menambahkan Tombol Buy Me A Coffee, Saweria + Trakteer dengan Bootstrap

Buy Me A Cofee, Saweria, Trakteer dan yang semisalnya merupakan platform donasi agar penulis blog atau kreator konten pada umumnya dapat menerima sokongan finansial dari pengunjung yang dengan sukarela ingin berkontribusi melalui donasi tersebut agar blog bisa berkembang.

Pertama mendengar layanan seperti itu mungkin ada diantara kita yang merasa pesimis. Kira-kira bakal adakah yang ingin membantu mengembangkan blog kita agar tetap berkarya dengan dukungan finansial lewat donasi? Saya kira fokus utama kita bukanlah keharusan dalam memastikan tercapainya tujuan 

Namun salah satu cara ini sebaiknya tidak bisa kita abaikan begitu saja. Disamping usaha lainnya dengan tetap menyajikan pengalaman berharga yang bisa dipetik faedahnya oleh pengunjung. Nah, barangkali ada yang tertarik? Mari kita coba tambahkan tombol donasi ini ke dalam blog kita.

Sebelum masuk pada langkah-langkah menambahkan tombol donasi di bawah ini. Silahkan buat akun terlebih dahulu melalui buymeacofee, saweria dan trakteer. Setelah itu, ikuti tutorial selengkapnya cara menambahkan tombol buy me a cofee, saweria dan trakteer berikut ini dengan Bootstrap.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Pilih salah satu blog jika Anda memiliki banyak blog dalam satu akun.

3. Klik "Tema" atau "Theme".

4. Klik icon "▼" di sebelah tulisan SESUAIKAN.

5. Klik "Edit HTML". 

6. Pastikan template sudah terdapat link CDN Bootstrap CSS dan JavaScriptnya. Anda bisa memilih salah satu penyedia layanan CDN Bootstrap yang ada. Ingin membuat theme blogger sendiri dari nol juga bisa. Mau theme blogger 2 column? 3 column? atau gunakan template Sebardi Blog yang sudah terdapat link CDN Bootstrap melalui jsDelivr.

7. Letakan kode di bawah ini sebelum baris kode "Related Post" atau setelah widget untuk berbagi (share) atau dimanapun yang Anda inginkan.

7. Jangan lupa modifiasi URL Address milik "sebardi" di atas dengan alamat masing-masing.

8. Jika template teman belum ditambahkan widget berbagi atau yang lainnya, silahkan letakan baris kode pada nomor 6 di atas setelah baris kode berikut yang terdapat dalam theme blogger Anda.

9. Simpan template.

9. Tangkapan layar hasil akhir yang terlihat adalah sebagai berikut: 

cara menambahkan tombol buy me a cofee


Kesimpulan

Website buy me a coffee sebetulnya telah menyediakan kode khusus yang tinggal kita pasang. Begitu juga layanan donasi lainnya seperti Trakteer maupun Saweria. Namun masalahnya, ketika kita menggabungkan semua icon layanan tersebut ke dalam blog tentu butuh keahlian.

Bisa saja kan ketika kita menambahkan satu layanan terlihat berhasil dan menarik? Namun tidak menutup kemungkinan ada masalah baru ketika menambahkan icon atau gambar lainnya. Contoh, gambar atau icon semua layanan jadi tidak beraturan, tumpang tindih atau tidak rapih.

Oleh karena itu, cara yang paling mudah agar widget terlihat rapih meskipun menampilkan semua layanan. Maka, penggunaan Bootstrap dalam hal ini termasuk berperan penting agar semuanya menjadi lebih mudah. Dan kita hari ini telah membuktikannya dan sekaligus digunakan pada theme ini.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar