Cara Membuat Blog Gratis di Exblog; Sebuah Platform Layanan Blog Terkenal di Jepang

Selain Wordpress, Blogger merupakan salah satu platform penyedia layanan blog yang paling populer di seluruh dunia. Terutama bagi mereka yang mempunyai hobi menulis untuk berbagi pemikiran, pengalaman, cerita serta informasi lainnya. 

Terlebih lagi, blog yang dibangun secara gratis dengan platform Blogger memiliki peluang yang tidak terdapat bagi blog yang sama-sama gratisan namun dibangun dengan Wordpress. Peluang tersebut terkait dengan syarat yang ditetapkan oleh Google Adsense untuk bergabung menjadi publisher.

Ya, dengan blog gratisan subdomain dari blogspot kita sudah bisa mendaftarkan diri untuk menjadi publisher dari Google Adsense. Berbeda halnya jika kita memiliki blog gratisan dengan subdomain dari wordpress.com. Namun sayangnya, untuk bergabung dengan Google Adsense dengan modal blog gratisan dari Blogger tidak bisa dikatakan mudah apalagi untuk saat ini.

Hingga akhirnya datanglah kabar gembira dari pengalaman blogger lainnya yang patut untuk dicoba. Karena dengan cara ini kita tidak hanya bisa membuat blog secara gratis. Lebih dari itu, blog yang dibuat di exblog.jp tersebut konon lebih mudah didaftarkan menjadi partner Google Adsense.


Cara Membuat Blog Gratisan Melalui Exblog.JP

Excite Blog dengan alamat exblog.jp adalah penyedia layanan blog yang terkenal di Jepang. Layanan tersebut memudahkan bagi siapapun yang ingin membuat blog meskipun dengan latar belakang yang beragam. Sehingga, proses pembuatan blog semakin mudah sesuai dengan fitur yang sudah tersedia.

Sayangnya, jika Anda mengunjunginya saat ini tanpa browser yang mendukung terjemahan bahasa secara otomatis. Maka, sangat mungkin kita tidak bisa berbuat banyak karena semua petunjuk yang dibutuhkan terlihat dengan bahasa Jepang seluruhnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya sengaja ingin mencoba pengalaman baru yang mudah-mudahan bisa bermanfaat baik untuk pribadi maupun secara umum. Yakni, seputar cara pembuatan blog gratis yang mudah-mudahan ditinjak lanjuti dengan cara setting Google Adsense dan lainnya di Exblog.

Dan berikut adalah pengalaman tentang cara membuat blog gratis dengan platform layanan blog yang terkenal di Jepang ini.


Cara Membuat Blog di Exblog dengan Browser yang Mendukung Terjemahan

Exblog disajikan dengan bahasa Jepang meskipun akses pengunjung berasal dari negara lain. Dengan kata lain, Exblog tidak menyediakan menu yang memberikan alternatif penggunaan bahasa selain yang digunakannya; yaitu bahasa Jepang.

Untuk mengatasi hal tersebut bagi kita yang tidak memahami bahasa Jepang tentu bisa diatasi dengan mudah. Karena browser yang berbasis Chromium biasanya sudah mendukung penerjemahan bahasa yang sudah terintegrasi didalamnya. Beberapa merk browser tersebut misalnya Google Chrome atau Microsoft Edge. 

Sehingga, cara yang paling sederhana agar bisa membuat blog di Exblog bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang yaitu dengan penggunaan browser yang berbasis Chromium tersebut. Sebagaimana contoh di bawah ini yang akan kita praktekan dengan Google Chrome.

1. Kunjungi website exblog.

2. Muncul secara otomatis fitur penerjemahan seperti terlihat sebagai berikut. Bagi Anda yang tidak menemukannya bisa dilakukan dengan cara klik kanan kemudian pilih 'Translate" sesuai bahasa yang diinginkan yang tentunya bisa dipahami.

3. Klik "Indonesia" karena kita akan menerjemahkan website tersebut kedalam bahasa Indonesia.

4. Bahasa yang digunakan di website Exblog sudah berubah dengan bahasa Indonesia.

5. Langkah selanjutnya silahkan buat akun terlebih dahulu sesuai petunjuk yang bisa dipahami karena menggunakan bahasa Indonesia. Yakni, klik 'Gabung', klik 'Pendaftaran baru (gratis)", isikan data-data yang diminta, klik "Daftarkan ID Excite' dan seterusnya.

6. Kemudian silahkan lakukan pembuatan blog dengan cara klik "Blognya dibuka", isikan alamat blog Anda, kata sandi dan seterusnya hingga selesai.


Cara Membuat Blog di Exblog dengan Browser yang Tidak Mendukung Terjemah

Bagi Anda yang mengakses website Exblog dengan browser Mozilla Firefox atau Opera sebagaimana saya coba di sistem operasi Linux. Ada kemungkinan, fitur penerjemahan bahasa web yang digunakan tidak terlihat. Karena memang, browser-browser tersebut dibangun tidak berdasarkan Chromium.

Oleh karena itu, berikut ini tangkapan layar yang saya sajikan untuk membantu siapapun yang ingin membuat blog melalui Exblog namun terkendala dengan kemampuan browser yang tidak mendukung penerjemahan bahasa.

1. Kunjungi website exblog.

2. Klik tulisan yang berlatar belakang warna hijau.

3. Masukan data-data yang dibutuhkan: 1. User ID unik Anda yang belum digunakan orang lain. 2. Ketik kata sandi Anda. 3. Ketik ulang kata sandi Anda. 4. Alamat email yang masih aktif. 5. Kata sandi cadangan.

4. Data yang diperlukan selanjutnya, isikan: 1. Tahun lahir, tanggal lahir dan hari lahir. 2. Kode pos kota yang ada di Jepang, misalnya: 1358383. Jika sudah selesai semuanya silahkan klik tulisan yang disertai dengan latar belakang warna hijau.

5. Periksa kembali data yang sudah dimasukan. Jika sudah yakin benar, silahkan klik tulisan dengan latar belakang warna kuning untuk konfirmasi.

6. Kembali ke menu awal, klik tulisan dengan latar belakang warna hijau.

7. Ketik alamat blog, nama blog serta taglinenya.

8. Klik tulisan dengan latar belakang warna hijau di bawahnya.

9. Sekarang kita sudah berhasil membuat blog, tinggal buat sebuah artikel untuk postingan pertama.


Kesimpulan

Membuat blog di Excite Blog sangat mudah jika menggunakan browser yang mendukung penerjemahan bahasa secara otomatis. Layanan blog yang terkenal di Jepang ini merupakan alternatif baru bagi para blogger yang suka menulis dan ingin membagikan pengalaman mereka.

Selain itu, konon blog yang dibuat melalui Exblog sangat mudah diterima jika didaftarkan sebagai partner Google Adsense jika dibandingkan dengan blog yang dibuat dengan subdomain blogspot. Namun, informasi ini belum sepenuhnya valid karena kita baru akan mencoba membuktikannya.

Nah, bagi teman-teman yang juga baru mulai ingin membangun blog gratisan di Exblog. Mudah-mudahan tulisan ini bisa sedikit membantu menambah referensi. Dan bagi Anda yang tertarik dan ingin mencobanya sekarang, saya ucapkan:"Selamat mencoba dan semoga berhasil".

Sekian, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar