Cara Menyembunyikan Tulisan Subscribe to: Posts (Atom)

Cara membuat template blogger sendiri sudah sampai tahap membungkus elemen Blogger dengan Bootstrap. Selanjutnya berhasil memposting sebuah artikel dari dashboard Blogger. Namun sebelumnya didahului dengan sedikit masalah "maxwidgets". Karena kesalahan itu mengakibatkan widget/gadget tidak tampil pada "Tata Letak". Ujung-ujungnya, postingan dari dashboard tidak tampak pada website.

Alhamdulillah masalah tersebut sudah selesai. Sekarang masuk tahap selanjutnya meskipun sedikit mengulang. Koq mengulang? Iya, pada bagian ini kita belajar membuat template dengan campur tangan dari Bootstrap. Sedangkan pada edisi sebelumnya murni dan tidak melibatkan bootstrap.

Dan masalah apakah yang dianggap mengulang itu? Diantaranya muncul tulisan "Subscribe to Atom". Dulu kita pernah membahas bagaimana cara menghilangkan tulisan Atom ini. Adapun sekarang kita juga menjumpainya setelah keberhasilan kemarin.

Namun kali ini kita tidak menghilangkan baris kode yang memunculkan tulisan tersebut. Tapi sedikit sentuhan CSS (Cascading Style Sheet) yang sampai detik ini area yang disediakannya masih kosong. Padahal jika menggunakan metode biasa pasti sudah banyak. Sebut saja misalnya baris kode untuk tampilan menu navigasi.

Teman-teman tertarik mengetahui cara menyembunyikan tulisan langganan ini? Simak artikel berikut seputar script CSS untuk menyembunyikan tulisan Subscribe to: Posts (Atom).


Cara Menyembunyikan Tulisan Subscribe to: Posts (Atom)

Tulisan Subscribe to: Posts (Atom) muncul dari script bawaan Blogger. Untuk mengatasinya bisa dengan dua cara; menghapus atau menyembunyikan. Dan mengingatkan kembali bagi yang belum tahu. Cara pertama ribet bagi yang tidak terbiasa dengan kode. Dan ini sudah dijelaskan pada artikel yang lalu sebelum membahas bootstrap.

Adapun cara kedua merupakan solusi saat ini pada template blogger dengan bootstrap. Karena teman-teman tidak perlu khawatir salah dalam menghapus kode. Bayangkan jika pemula salah menerapkan kode yang mesti dihapus? Jika sebelumnya sudah melakukan backup template tentu tidak masalah. Namun apa jadinya jika seperti saya yang malas backup setiap kali edit html?

Jawabannya, silahkan pakai tips menyembunyikan "langganan atom" dengan kode CSS berikut ini.

1. Kunjungi Blogger, klik "Login", masukan username dan password kemudian klik "Login".

2. Klik "Tema", klik icon "▼" di sebelah tulisan "SESUAIKAN", klik "Edit HTML".

3. Ketikan kode CSS berikut tanpa tanda kutip: ".feed-links{ display:none;}".

4. Tempatkan sesudah "<b:skin><![CDATA[" dan sebelum "]]></b:skin>".

5. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Cara Menyembunyikan Tulisan Subscribe to: Posts (Atom)

4. Sekarang bandingkan hasilnya sebelum menggunakan kode css di atas.

5. Dan screenshot di bawah ini setelah disembunyikan dengan kode CSS pada nomor 3 di atas.


Penutup

Tulisan Subscribe to: Posts (Atom) berhasil disembunyikan dari laman website. Ini bukan berarti kode html terkait yang ada pada template menjadi hilang. Kode html feed-links mulai dari tag pembuka hingga penutup tetap ada. Namun fungsinya saja yang berhasil disembunyikan dengan kode css di atas. Sampai tahap ini masih semangat belajar membuat template blogger? Jika masih silahkan baca ulang tentang auto readmore. Karena masalah yang sama ini muncul dari script bawaan blogger.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar